Meriahnya Syiar Dzulhijjah 1436H

0
339

qurbanPada Kamis (24/09/2015) Yayasan As Syifa menyelenggarakan serangkaian kegiatan Syiar Dzulhijjah 1436 H. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan As Syifa, yang meliputi Guru dan Karyawan. Dimulai dengan ifthor jama’i (buka bersama) shoum Arofah, Takbir Keliling oleh Murid SMA IT dan Sholat Idul Adha serta penyelenggaraan penyembelihan hewan Qurban.

Takbir keliling dilaksanakan dengan berkeliling desa Tambakmekar, sedangkan Sholat Idul Adha dilaksanakan di halaman SMPIT As Syifa dan halaman GOR. Diawali dengan lantunan gema takbir sejak pukul 05.30 pagi, hingga pelaksanaan Sholat ‘Ied pukul 06.30 WIB. Tampak hadir dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Ketua Umum dan Para Ketua Yayasan, serta Pimpinan SMP – SMA beserta seluruh jajarannya.

Dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha 1436H, bertindak selaku Imam Ustadz Ahmad Durajat (al Hafidz) dan khotib Ustadz H. Lalu Agus P., MA. Dalam khutbahnya Ustadz Lalu antara lain menyampaikan tentang esensi dan makna Risalah Qurban ditinjau dari keluarga dan sosial.

Adanya dialog antara Nabiyulloh Ibrohim AS.,  dengan putranya Ismail AS.,  adalah gambaran komunikasi yang dibangun dengan penuh kasih sayang. Demikian juga kepatuhan Nabiyulloh Ismail AS., terhadap perintah penyembelihan yang ditujukan kepadanya, sebagai bukti ketaatan seorang anak kepada orang tuanya, sekaligus ketundukan atas perintah Alloh SWT.

Secara sosial Ibadah Qurban yang dilaksanakan adalah manifestasi dari keimanan yang dimiliki seorang mukmin, dimana iman yang benar akan melahirkan amal sholeh. Kepedulian kepada sesama dengan cara berbagai kebahagiaan hewan Qurban adalah salah satu bentuk amal sholeh.

Seusai sholat Idul Adha acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan kegiatan pemotongan hewan qurban. Adapun waktu pemotongan hewan qurban dilaksanakan dalam 4 hari berturut-turut dengan jumlah hewan qurban seluruhnya 139 ekor (10 ekor sapi dan 129 ekor domba/kambing). Dari 10 ekor sapi tersebut, terdapat 1 ekor sapi sumbangan dari BAZNAS Propinsi Jawa Barat. Seluruh penyelenggaraan penyembelihan Qurban ini dikoordinir oleh As Syifa Peduli. Kemudian daging Qurban ini selain didistribusikan kepada seluruh keluarga besar Yayasan As Syifa, juga kepada masyarakat di dua desa, yaitu Desa Tambakmekar dan Desa Kumpay. (humas yys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*