MURID AS SYIFA JADI DUTA BACA PELAJAR NASIONAL 2015

0
321

Duta BahasaNamanya Alyssa Najwa Soraya. Ia termasuk anak yang cukup pendiam, namun aktif dalam berbagai aktifitas di sekolah. Selain pelajaran sekolah dan pelajaran Khas As Syifa yang memang jago, Alyssa juga aktif di beberapa kegiatan Ekskul sekolah, salah satu diantaranya adalah English Club. “Bahasa Inggrisnya memang cukup baik”, kata Bunda Diana sebagai pembimbing Ekskul di sekolah.

Hobbinya tentang tulis menulis adalah satu hal yang tidak dapat ditinggalkannya, bahkan dari kesenangannya menulis ini telah mengantarkan ia menjadi seorang penulis cilik. Buktinya karya tulisannya telah dibukukan dalam KKPK (Kecil-kecil Punya Karya), oleh penerbit Mizan Bandung. Diantara buku yang ditulisnya adalah, “Suster Misterius” dan “Holiday in Madura”. Selain itu penerbit Tiga Serangkai juga telah menerbitkan tulisannya, yang berjudul “Bunga Ajaib Peri Gladys” dan “Feltamania”.

Nah, baru-baru ini dalam sebuah event yang diselenggarakan oleh Gerakan Ayo Membaca Indonesia (AMIND) Alyssa berhasil terpilih menjadi Duta Baca Nasional 2015 untuk tingkat SMP. Prestasi ini sekaligus melengkapi sejumlah prestasi yang telah diraihnya terlebih dahulu.

Sebagai informasi bahwa Pemilihan Duta Baca Nasional 2015 ini diikuti oleh para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat dari pelbagai daerah di Indonesia. Beberapa kriteria penilaian yang diberikan adalah bahwa para peserta bukan hanya pelajar yang tak Cuma sekedar suka membaca, atau memeiliki koleksi buku di rumahnya, atau menjadi anggota aktif perpustakaan. Melainkan banyak dari mereka yang ternyata telah melahirkan karya-karya yang telah dipublikasikan. Karya-karya tersebut baik karya dalam bentuk buku, tulisan-tulisan di majalah anak maupun remaja, ataupun di blog pribadi mereka. Baik itu berupa puisis, cerpen, novel, naskah drama, maupun tulisan-tulisan non fiksi, dan karya-karya sosial dalamberagam bentuknya.

9876022423553-mediumPemilihan Duta Baca Pelajar 2015 itu sendiri termasuk kegiatan unggulan, selain kegiatan pembangunan kapasitas lewat serangkian workshop dan talk show dalam sepekan tentang keliterasian, dan juga penghargaan kepada penggiat literasi pada event Jakbook Festival 2015, yang tergelar sejak 27 Juli-3 Agustus 2015.

Bahkan ajang Pemilihan Duta Baca Pelajar diagendakan sebagai salah satu agenda tetap yang masuk dalam kalender tahunan Gerakan Ayo Membaca Indonesia.

Setelah melalui beberapa proses yang cukup ketat, diantaranya penilaian terhadap kelengkapan administrasi, penelaahan terhadap karya-karya peserta, dan wawancara terhadap peserta yang telah dinominasikan, maka diputuskanlah Duta Baca Nasional 2015.

Dewan Juri menetapkan Duta Baca Pelajar SD/sederajat Tingkat Nasional 2015 disandang oleh M. Aksan Alfacrusi, Pelajar SD Inpres Galangan Kapal IV Makasar Sulawesi Selatan, dengan total nilai 169.

Untuk Duta Baca Pelajar SMP/sederajat Tingkat Nasional 2015 diraih oleh Alyssa Najwa Soraya, pelajar SMPIT Assyifa Boarding School Subang Jawa Barat, dengan total nilai 206.

Sementara pelajar SMAS Sampoerna Bogor Jawa Barat, Fajar Adi Nugroho, terpilih sebagai Duta Baca Pelajar SMA/sederajat Tingkat Nasional 2015, dengan total nilai 194.

Akhirnya kami seluruh keluarga besar As Syifa Boarding School mengucapkan Selamat kepada Alyssa Najwa Soraya, sebagai Duta Baca Pelajar Tingkat Nasional 2015 terpilih. Semoga senantiasa terus melahirkan karya-karya yang menginspirasi pelajar di seluruh Indonesia. (nis/ humas)

 

Referensi :

https://www.facebook.com/dewiutama.fayza

http://www.rmoljakarta.com/read/2015/08/03/11134/Duta-Baca-Pelajar-2015-Terpilih-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*