Sabtu (13/7/2019) Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Program Pengabdian Kepada Masyarakat dari Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI. Program tersebut berupa Training bagi guru bahasa Arab dan Dai As-Syifa, yang dilaksanakan dalam dua sesi dan tema yang berbeda. Sesi pertama yakni “Pelatihan dan Workshop Penyusunan Evaluasi Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill)” untuk guru bahasa Arab. Sementara sesi berikutnya bertema “Upaya Mencegah Paham Radikal dan Intoleransi melalui Workshop Penerjemahan bagi Para Da’i”.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pemateri yang merupakan dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), diantaranya : Dr. H. Mad Ali, M.A, Dr. H. Wagino Hamdani, M.Pd, Dr. H. Zaka Alfarisi, M.Hum, H. Asep Sopian, M.Ag serta ketua MGMP Bahasa Arab Jawa Barat Dra. Maspalah, M.Pd.

Ada tiga puluh orang peserta yang hadir mengikuti training tersebut, terdiri dari para guru di kampus As-Syifa Boarding School dan beberapa Sekolah Islam Terpadu di Subang, bahkan sebagian besar peserta merupakan alumnus dari Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI. Ketua pelaksana kegiatan Feri Rustandi, S.Pd, M.M, menuturkan, “Kami sangat merasa terhormat dan bersyukur FPBS UPI mengadakan program pengabdian pada masyarakat di As-Syifa, karena disamping ini bisa meningkatkan kompetensi dan skill guru-guru bahasa Arab. Di sisi lain, kerjasama As-Syifa dengan UPI bisa menguatkan lebih lanjut lagi dalam bidang lainnya.”


Dalam sambutannya mewakili pihak UPI, Dr. H. Mad Ali, M.A, pihaknya merasa senang dapat kerjasama dengan As-Syifa, “Karena sebenarnya sudah cukup lama direncanakan, namun qodarullah baru kali ini bisa terlaksana. Program ini bagian dari peran Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) jadi para dosen harus menunaikan tugas mulia tersebut” Ungkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *