photo 2021 07 22 15 58 59

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Jelang pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban yang akan dilakukan di lingkungan Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, Sabtu pagi (17/7) panitia Semarak Dzulhijjah 1442 Hijriyyah menggelar Gladi persiapan qurban di Jabal As-Syifa, Jalancagak, Subang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ahmad Sahirul Alim, MA. selaku ketua pelaksana, beserta seluruh koordinator, pj dan perwakilan masing-masing divisi panitia.

Salim, sapaan akrab ketua pelaksana, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk persiapan mekanisme pelaksanaan kegiatan penyembelihan hingga pendistribusian daging maupun hewan qurban nanti.

Mengingat kondisi pandemi saat ini dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, Salim menyatakan As-Syifa melalui komunikasi Humas dengan pemerintah daerah sudah mendapatkan izin terkait pelaksanaan sholat ied dan penyembelihan hewan qurban di hari H hingga h+2, lantaran hewan qurban yang telah terkumpul sebanyak 250 ekor domba dan 53 ekor sapi.

“Meskipun dalam kondisi pandemi tapi alhamdulillah ada peningkatan jumlah titipan hewan qurban di As-Syifa dari para donatur. Pertama kita menjamin ke para pengqurban bahwa pelaksanaan qurban di As-Syifa insyaa Allah sesuai prokes, sehingga ada kepercayaan dari para donatur. Ini menjadi tantangan dan beban amanah bagi panitia untuk pelaksanaan prokes selama penyembelihan nanti”

Kedua, upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan screening kepanitiaan. Inilah yang menjadi alasan proses penerbitan SK Kepanitiaan cukup lama, sebagai bentuk selektif panitia inti dalam pemilihan tim lapangan nanti.

Selanjutnya sebagai ikhtiar panitia dalam penerapan pembatasan kerumuman, tim yang terjun akan dibekali tanda pengenal, “orang yang boleh masuk ke area ini adalah orang yang berseragam dan memiki pengenal panitia, sehingga yang nanti bisa masuk terbatas.” ungkapnya. (Ajeng Ningtyas)

Leave a Comment