GERHANA MATAHARI TOTAL, ASSYIFA GELAR SHOLAT KUSYUF

IMG_20160309_065720Gerhana Matahri Total yang terjadi pada hari ini (Rabu/ 9 Maret 2106) adalah sebuah peristiwa yang sangat langka dan terjadi di Indonesia. Terakhir terjadi pada 24 Oktober 1995 atau sudah 20 tahun yang lalu. Waktu itu gerhana matahari melewati Pulau Sangihe di utara Sulawesi. Setelah tanggal tersebut belum ada lagi gerhana matahari yang melintasi Indonesia, kecuali yang terjadi hari ini 9 Maret 2016.

Lintasan gerhana matahari total umumnya hanya ratusan kilometer, namun panjangnya bisa mencapai puluhan ribu kilometer. Artinya suatu gerhana matahari total akan melintasi banyak negara di dunia. Namun pada gerhana matahari total kali ini, suatu keistimewaan bagi Indonesia mengingat menjadi satu-satunya negara yang daratannya dilalui. Ya, tidak ada daratan dari negara lain yang dilalui selain Indonesia. Dengan begitu Indonesia menjadi destinasi pengamatan gerhana yang dilakukan oleh para ahli di seluruh dunia.

Adanya gerhana matahari total sebagai sebuah fenomena yang terjadi di alam semesta adalah salah satu bukti kekuasaan Alloh SWT, Tuhan langit dan bumi. Untuk itu sebagi bentuk rasa penghambaan kita sebagai manusia akan ke Mahakuasaan Alloh SWT, maka Keluarga Besar Yayasan As Syifa Al Khoeriyyah menyelenggarakan pelaksanaan Sholat Kusyuf (Sholat Gerhana Matahari Total). Sholat Kusyuf ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu di halaman SMPIT As Syifa Putra dan di Masjid Ad Doha kompleks SMPIT As Syifa Putri.

Dalam khotbahnya Ust. Muhammad Sahirul Alim, M.A menyampaikan bahwa dalam menghadapi fenomena Gerhana Matahari ini, sikap manusia terbagi menjadi tiga, yaitu :
1. Yang merespon peristiwa tersbut dengan suasana biasa-biasa saja
2. Yang meresponnya dengan sesuatu yang bersifat hura-hura dan pesta pora, yaitu dengan mengadakan berbagai macam hiburan terkait gerhana matahari
3. Yang meresponnya dengan penuh ketundukan dan penghambaan kepada Alloh SWT, yaitu melalui pelaksanaan

Sholat Kusyuf sebagai salah satu amalan yang disunnahkan oleh Rosululloh SAW.
Setelah mengikuti kegiatan sholat Kusyuf ini, aktifitas kegiatan juga berlangsung sebagaimana mestinya. Sholat gerhana ini dimulai pada pukul 06.15 WIB dan berakhir sekitar pukul 07.30 WIB. (humas yys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives
Categories