Gerakan Hidup Sehat, Klinik As-Syifa Medika dan UPTD Puskesmas Jalancagak adakan Kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks

6 scaled

Subang (12/10) – Dalam rangka gerakan masyarakat hidup sehat, mendukung program pemerintah tentang penanggulangan kanker payudara dan serviks, Rabu pagi (12/10/2022) Klinik As-Syifa Medika bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Jalancagak menggelar Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Klinik As-Syifa Medika Jalancagak, Subang.

Screening dilakukan oleh petugas kesehatan dari puskesmas Jalancagak, dengan sasaran peserta dari kelurahan Tambakmekar, Kumpay dan Tambakan.

Perwakilan Puskesmas, dr. Sri Budiarti mengatakan screening dengan metode IVA ini sebagai upaya deteksi dini penyakit kanker serviks dan kanker payudara untuk pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular. Karena banyak kasus menunjukkan akibat dari kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang tanda-tanda mengidap kanker serviks, yang umumnya tidak menunjukkan gejala pada stadium 1 dan 2.

General Manager Divisi kesehatan Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, Lulu Ludiawaty mengungkapkan rasa terimakasih atas kerjasama yang dilakukan UPTD Puskesmas dalam pemeriksaan ini. Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, banyak warga khususnya di sekitar lingkungan As-Syifa yang mendapat pengetahuan mengenai kanker serviks dan salah satu cara pencegahannya. Terbukti, dari target sasaran 50 orang, peserta yang datang sebanyak 70 orang.

Dengan pemeriksaan IVA yang dilakukan sejak dini ini diharapkan dapat terus berjalan agar dapat mencegah dan menekan kasus Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Kabupaten Subang khususnya di Kecamatan Jalancagak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives
Categories