Unit Koperasi Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah meluncurkan Fadipay untuk transaksi atau pembayaran melalui aplikasi uang elektronik. Aplikasi ini launching pada momen RAT Kopontren As-Syifa ke-8, selasa (30/3) di Aula Mubarok Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah. Implementasi As-syifa Digital Payment atau disingkat Fadipay ini secara serentak berlaku mulai 30 Maret 2021, guna memberikan kemudahan dalam transaksi cashless.

Ketua Koperasi Pesantren As-Syifa, Teguh Muhammad Firdaus, Lc. mengatakan, di tengah pandemi ini inovasi paling tepat adalah layanan dengan sistem digital, “aplikasi ini akan memudahkan guru, pegawai, murid dan orang tua untuk bertransaksi melalui assyifa digital payment (Fadipay), sehingga perputaran keuangan di As-syifa nantinya akan berbentuk elektronik, tidak lagi fisik.”

Fadipay adalah paltform layanan keuangan untuk pembayaran dan pembelian digital yang diterbitkan oleh Kopontren As-Syifa Al-Khoeriyyah untuk digunakan di lingkungan Kampus As-Syifa Boarding School. Nilai uang elektronik yang dimaksud merupakan saldo e-wallet yang dapat digunakan untuk transaksi yang ada dalam fitur layanan aplikasi Fadipay dan Merchant. Fitur yang tersedia di Fadipay diantaranya transaksi pembayaran tagihan sekolah (As-Syifa Boarding School), Transaksi by Voucher di Merchant Fadipay, Transaksi Tabungan Umroh dan Qurban, Transaksi Donasi, Transaksi Pembayaran PPOB dan Informasi Sekolah. Ada sejumlah keunggulan dalam aplikasi ini, diantaranya bebas biaya registrasi, bebas minimal setoran dan saldo minimum hingga bonus cashback setiap transaksi.

Teguh menambahkan, unit koperasi As-Syifa akan terus berupaya untuk melakukan berbagai inovasi guna mengembangkan koperasi yang harapannya tidak hanya dapat dirasakan manfaatnya bagi keluarga besar As-Syifa, namun juga bagi masyarakat umum lainnya. Sebagai contoh, selain perancangan Fadipay, Kopontren juga telah lebih dulu melahirkan program one village one syifamart melalui platform bernama Kawarung. “Ada kawarung juga, ini adalah hasil kolaborasi Qatrindo (Salah satu unit bisnis As-Syifa) dan Koperasi, targetnya 100 warung binaan. Program One Village One Syifamart, terintegrasi dengan aplikasi kawarung. Teknisnya, nanti yang join dan membuka usaha retail barangnya disupply Qatrindo, lalu eksternal juga bisa menabung via aplikasi, tidak perlu datang ke As-Syifa” imbuhnya.

Namun dari kedua program tersebut, Teguh menyatakan Kopontren saat ini menitikkan fokus terhadap penggunaan dan pengembangan aplikasi Fadipay hingga Juni mendatang. Ia mengajak kepada seluruh anggota koperasi untuk bersinergi bersama demi ekomoni ummat yang berdaya saing dan diwarnai kolaborasi dan mewujudkan kesejahteraan anggotanya. (humas/assyifa)

Leave a Comment