photo 2021 07 26 10 04 26

Jum’at Pagi (23/7) As-Syifa peduli bersama tim dari lintas departemen di Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah telah menyebarkan hewan qurban hingga ke pelosok daerah Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Bukanagara. Sebelum pandemi, kegiatan Qurban di desa ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan bersama murid As-Syifa Boarding School.

“Alhamdulillah kita bisa kembali melakukan qurban di pelosok Subang yakni Desa Bukanagara ini. Selain bentuk silaturahim dengan warga disini, juga bagian dari penyemangat kepada warga untuk berqurban. Karena tingkat antusias berqurban disini masih kurang” terang Aas Saepurahman, Ketua Korlap Semarak Dzulhijjah 1442 H As-Syifa.

Selain itu, Aas mengungkapkan kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian dari penyebaran dakwah As-Syifa lantaran jika dilihat dari kondisi warga setempat yang jauh dari lingkungan lain.

“Penting dalam penyebaran syiar penguatan nilai keislaman, sebagian warga disini masih awam dengan nilai-nilai Islam apalagi tentang ibadah qurban.”

Sebagaimana aturan syariah, batas kegiatan qurban adalah hari Jumat (23/7) sebelum memasuki waktu maghrib. Dengan menerjunkan 10 orang tim, 16 ekor kambing selesai disembelih hingga sore sebelum berakhirnya hari tasyrik.

As-Syifa membawa enam belas ekor kambing yang disembelih di desa ini, untuk diberikan kepada warga di RW 01, 02 dan 03 dengan jumlah sekitar 500 KK.

“Saya bangga dan banyak terimakasih merasa terbantu. Warga disini yang berqurban tidak tentu, kadang ada kadang enggak. Sehingga ‘gak tiap tahun ada.” Ungkap Jajang Darmawan, Ketua RW 01 Desa bukanagara.

Di tengah pandemi, diharapkan qurban tahun ini bisa menjadi momen untuk saling membantu, menguatkan dan menumbuhkan kepedulian sosial di pelosok desa. (Ajeng Ningtyas)

Leave a Comment