Workshop 5R dan Green Office Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah

0
44

Jajaran pengurus Yayasan, Kepala Bagian, Kepala Unit, Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah beserta perwakilan beberapa unit mengikuti kegiatan Workshop 5R dan Green Office yang dilaksanakan oleh Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah.

Kegiatan Workshop 5R dan Green Office ini dilaksanakan Kamis s.d Jumat tanggal 23 s.d 24 Maret 2017 dari jam 07.30 s.d 15.00 WIB bertempat di Aula Yusuf Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah.

Mengingat pentingnya metode 5R dan Green office dalam suasana kerja di lingkup Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyah maka dilaksanakanlah kegiatan workshop ini dengan besar harapan budaya/metode 5R dan green office ini bisa diterapkan di lingkungan yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah.

Hal ini selaras dengan beberapa referensi berikut bahwa Setiap lembaga pasti mengharapkan suatu lingkungan kerja yang selalu bersih, rapi, dan masing – masing orang mempunyai konsistensi dan disiplin diri, sehingga mampu mendukung terciptanya tingkat efisiensi dan produktifitas yang tinggi di perusahaan. Namun pada kenyataannya kondisi ini sulit terjadi di setiap lembaga. Banyak lembaga yang seringkali mengeluh begitu sulitnya dan banyak membuang waktu hanya untuk mencari data dan atau sarana yang lupa penempatannya.

Tidak hanya itu, seringkali kita kurang nyaman dengan kondisi berkas kerja yang berantakan dan tidak jarang memicu kondisi emosional kita.
Beberapa permasalahan tersebut diatas dapat diatasi dengan melakukan penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia. Ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang. [safety4abipraya]

Narasumber yang menyampaikan materi pada workshop kali ini diantaranya :

1.Imron Hanafi, ST
Beliau adalah salah satu konsultan di yayasan As-Syifa yang sudah beberapa kali menyampaikan materi-materi selain tentang metoder 5 R ini. Selain itu beliau juga merupakan wali murid SMPIT As-Syifa Boarding School. Bapak Imron Hanafi bertindak sebagai pembicara di hari pertama yang memaparkan tentang konsep dan penerapan metode 5 R di lingkungan As-Syifa Al-Khoeriyah.

2.Ir. Suyaningsih, MKK dan Dr. Rahmi Andarini
Khusus untuk Ir. Suryaningsih, MKK atau yang lebih akrab di panggil “bu Ning” ini juga merupakan salah satu konsultan As-Syifa yang sudah lama mendampingi As-Syifa dalam pengendalian program Go Green di As-Syifa. Selain itu beliau juga merupakan salah satu wali murid SMAIT As-Syifa Boarding School.

Adapun Dr. Rahmi Andarini dengan segudang pengalamannya dalam bidang “engineering” dan “energy” cukup memberikan wawasan kepada peserta workshop terkait kondisi dan realita tentang keterbatasan sumberdaya energi dan fakta-fakta perilaku kerja yang tidak efektif dan efisien yang biasa terjadi di satu perusahaan ataupun suatu lembaga.

Harapan besar dari ketiga narasumber pada workshop 5R dan Green Office adalah dapat terealisasinya program 5R dan Green Office di lingkungan As-Syifa Alkhoeriyah dan bahkan ketiga narasumber berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi perkembangan penerapan 5R dan Green Office secara berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*