Nilai, Prinsip, Peran dan Fungsi Yayasan

Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah dibangun dan dikembangkan di atas 5 (lima) Nilai/ Value yang mendasari setiap pengambil kebijakan, pengelola maupun pegawainya menjalankan roda organisasi. Nilai/ Value ini diharapkan dapat terinternalisasi, menghujam ke dalam setiap sanubari manajemen dan pegawai Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, sehingga dapat terwujud budaya dan etos kerja yang unggul. Lima Nilai Dasar Yayasan yang, yaitu: (1) Ikhlas; (2) Tsiqah; (3) Loyal; (4) Amanah; dan (5) Peduli.

Selain Nilai Dasar Yayasan, Tata Kelola Organisasi Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah dibangun di atas 4 (empat) Prinsip Dasar Yayasan. Empat Prinsip Dasar ini menjadi bingkai agar organisasi dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana harapan dan cita-cita founding father Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah.  Empat Prinsip Dasar Yayasan, yaitu: (1) Independen; (2) Berkeadilan; (3) Akuntabel; dan (5) Transparan

Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah memiliki peran dan fungsi yang besar, dibangun dan dikembangkan di atas 5 (lima) Nilai Dasar dan 4 (empat) Prinsip Dasar. Peran dan Fungsi Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan, yaitu: (1) Turut serta membangun kualitas sumber daya manusia yang taat, cerdas, dan bermanfaat; (2) Turut serta mengembangkan pemahaman dan pengamalan Islam yang rahmatan lil alamin; (3) Turut serta membangun kesadaran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial; dan (4) Turut serta menggali dan mengembangkan potensi sumber daya umat untuk sebesar-besar kemaslahatan dunia dan akhirat.

 

MOTTO YAYASAN

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa,

dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

(Q.S. Al Maidah: 3)

ARAH KEBIJAKAN FOUNDING FATHER YAYASAN

Pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah dalam beberapa kali kesempatan, baik di fórum fórum resmi manajemen, seperti pembukaan musyawarah kerja, sambutan agenda resmi, maupun pada arahan-arahan saat di lapangan, seringkali menyampaikan hal-hal penting yang dapat dijadikan sebagai Arah Kebijakan Pendiri Yayasan. Arah Kebijakan Founding Father Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, antara lain:

  1. As-Syifa harus menjadi Yayasan nomor 1 di Indonesia (Terdepan Nasional)
  2. Yayasan ini merupakan amanah, yang harus dijaga dengan sebaik baik penjagaan dan dikelola dengan sebaik baik pengelolaan (manajemen kokoh)
  3. Yayasan ini dibangun dan didedikasikan untuk ummat Islam Indonesia, maka pimpinan dan semua pegawai harus bekerja dan mengabdi dengan ikhlas, profesional dan dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi ummat dimanapun berada. (Amanah dalam tugas dan tanggung jawab)
  4. Hemat di semua lini kehidupan organisasi As-Syifa, Efisiensikan Anggaran sehingga secara bertahap dapat mewujudkan Keuangan secara Mandiri.
  5. Sistem pendidikan di lembaga pendidikan Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah harus mengarahkan kepada proses pendidikan yang menyiapkan anak-anak murid sesuai dengan kebutuhan zamannya, bekali dengan akidah islam yang kuat, sehingga mampu bertahan menghadapi tantangan di masa depan, tantangan akhir zaman. (Penguatan Kurikulum)
  6. Pastikan ketersediaan sarana dan prasarana dengan penyediaan yang terbaik, murid, orang tua dan semua pelanggan As-Syifa Al-Khoeriyyah harus terlayani dengan pelayanan terbaik (Excellent Service).
  7. Setiap pegawai harus bekerja, bergerak untuk kebaikan As-Syifa dengan amanah, jangan sampai ada pegawai yang kurang pekerjaan. (Pengelolaan dan Pengembangan SDM yang profesional dan proporsional).
  8. Yayasan harus rapi, terbaik dan aman dari segi hukum positif dan hukum Islam, tidak boleh ada dokumen asset yayasan yang tidak terjaga dengan baik, kerja cepat, rapi dan unggul. (Tata Kelola Organisasi/ internal process yang terstandarisasi dan unggul)

—–

Comments are closed.
Archives
Categories