GELAS KACA : Gerakan Literasi ala Assyifa

0
365

Gelas KacaPeluncuran Gerakan Literasi Sekolah, SMPIT As Syifa Boarding School Subang, dilakukan hari ini Sabtu (27/08/2016) bertempat di halaman SMPIT As Syifa Putra. Dengan mengusung tema GELAS KACA (Gerakan Literasi Assyifa Berkarya & Membaca) dibuka secara langsung oleh kepala sekolah, Ust. Rizal Anshorudin, S.Pd.

Gerakan Literasi sekolah yang merupakan sebuah program pemerintah mulai digalakkan awal tahun 2016. Di Jawa Barat sendiri, program ini diberi nama WJLRC atau West Java Leader’s Reading Challange, yang merupakan program tantangan membaca bagi siswa di sekolah. Inti dari program ini adalah mendorong tumbuh kembangnya kemampuan literasi (kemampuan membaca, berbicara, mendengar, dan menulis) para siswa.  Diharapkan dengan membaca buku lebih banyak mereka akan menemukan banyak hal baru yang menyenangkan dan bermanfaat dari buku yang dibaca. Kemudian setelah itu juga untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi yang positif di dalam lingkungan sekolah dan lingkungan lainnya yaitu lingkungan keluarga dan masyarakat tempat anak itu berada.

Dalam sambutannya, Ust. Rizal menyampaikan bahwa orang-orang besar, para ilmuwan, pakar, dan para ahli adalah mereka yang mempunyai kemampuan membaca yang tinggi. Selain itu negara dengan tingkat membaca masyarakat yang tinggi akan mampu menghadirkan negara yang kuat bahkan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain, keluar dari ketertinggalan. Bangsa kita harus terus dipacu untuk mempunyai hobi membaca yang tinggi sehingga tingkat kecerdasan masyarakat juga meningkat. Khusus bagi murid As Syifa Boarding School, kegiatan ini lebih merupakan penyegaran karena kebiasaan ini sebetulnya telah lama diterapkan sebagai habbit seluruh civitas academica As Syifa.

Acara diakhiri dengan penyematan Pin Duta Literasi (literacy ambassador) yang diberikan kepada murid yang memiliki hobi membaca tertinggi, sebagai katalisator bagi teman-temannya yang lain, agar memiliki semangat membaca yang tinggi pula. (imam-ns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*