SMPIT As Syifa raih anugerah dari Menteri Pendidikan

0
540

IIUNSMPIT As Syifa Boarding School Subang boleh bersyukur atas apa yang selama ini dipertahankan, yaitu nilai kejujuran dalam penyelenggaraan Ujian Nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan Piagam Penghargaan Sekolah dengan Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional yang tinggi pada tahun 2015 dengan IIUN : 92,73.

Prestasi ini sebagai bukti penilaian sejauh mana SMPIT As Syifa berkomitmen kepada para siswanya dalam menghadapi ujian hingga berhasil lulus hingga melihat proses pelaksanaan UN itu sendiri, apakah dilaksakan dengan jujur atau tidak.

Penghargaan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) adalah apresiasi terhadap sekolah yang menerapkan integritas kejujuran dalam pelaksanaan UN, dan diberikan oleh Kementrian Pendidikan Republik Indonesia. SMPIT As Syifa Boarding School termasuk dari sekolah-sekolah yang dikategorikan memiliki Indeks Integritas yang tinggi dalam penyelenggaraan UN, sehingga layak untuk mendapatkan anugrah penghargaan tersebut.

Penting diketahui bahwa Indeks Integritas Penyelenggaraan UN adalah hasil gambaran tingkat kejujuran sekolah, Kabupaten dan Kotamadya, serta Provinsi dalam melaksanakan dan menjawab soal-soal Ujian Nasional. Jadi dapat disimpulkan semakin tinggi nilai indeksnya, maka semakin tinggi kejujuran sekolah, kabupaten dan kotamadya, serta provinsi dalam melaksanakan ujian nasional.

Kriteria ini mencerminkan tingkat kejujuran peserta dalam mengerjakan soal UN. Pada tingkat sekolah kriteria yang digunakan merupakan tingkat persentase jawaban siswa yang tidak menunjukkan pola kecurangan. Kecurangan yang diukur adalah gabungan persentase contek-mencontek antar siswa (kecurangan antar individu) dan persentase keseragaman pola jawaban soal Ujian Nasional (kecurangan sistemik/terorganisir) dalam suatu sekolah. Pada tingkat kabupaten/kota menunjukkan rata-rata IIUN tingkat sekolah di kabupaten/kota tersebut.

Semoga dengan penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi SMPIT As Syifa Boarding School untuk selalu menjadi yang terbaik, bahkan setiap tahunnya dapat menunjukkan peningkatan kualitas UN yang diselenggarakan. (humas yys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*